10 Fakta Unik Mengenai Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui
Fakta Unik

10 Fakta Unik Mengenai Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

Siapa yang menyangka jika bayi yang memiliki wajah super lucu, kulit halus dan tubuhnya yang kecil, ternyata mempunyai fakta unik yang tidak banyak diketahui orang bahkan ibunya sendirinya pun belum tentu tahu, diantaranya adalah:

1. Menangis Tanpa Air Mata Keluar

Kelenjar air mata bayi baru lahir hingga berumur berapa minggu ternyata belum bekerja dengan baik. Kelenjar air mata akan bekerja baik ketika bayi berumur 2-3 bulan karena produksi air matanya saat itu berkembang.

2. Memiliki Tanda Lahir

Biasanya bayi baru lahir memang minimal memiliki satu tanda lahir dengan presentasi 80% bayi memiliki tanda lahir ketika baru lahir. Ini memang hal yang umum terjadi karena di bawah kulit terdapat pembuluh darah kecil yang membesar ketika proses lahiran. Pada umur 3 tahun, beberapa bayi mulai kehilangan tanda lahirnya namun ada juga yang tidak hilang malah membesar. Tanda lahir juga memiliki banyak warna, ukuran dan bentuk.

3. Memiliki 300 Tulang

Tanpa disadari, ketika dewasa kita hanya memiliki 206 tulang padahal pada bayi ada 300 tulang. Hal ini dikarenakan seiring umur bertambah, tulang kita menjadi menyatu satu sama lainnya. Contohnya, tengkorak bayi tidak sekeras kita saat ini karena dulu bagian itu hanya tempat yang rawan dan licin.

4. Tidak Punya Tempurung Lutut

Tempurung lutut akan tumbuh dengan sendirinya ketika bayi berumur enam bulan, namun selama belum tumbuh bayi hanya mempunyai tulang rawan di lututnya.

5. Mampu Mencium, Menatap Dan Mendengar Dengan Baik

Ketika baru lahir, sebenarnya bayi mengalami rabun jauh. Bayi dapat melihat dengan jarak 8-12 inci. Karena otak belum mampu mengenali informasi bila melebih 12 inci. Dengan 100 miliar neuron pada otaknya, bayi mampu melihat sekelilingnya namun butuh beberapa minggu untuk membedakan mana ibunya dan orang lain. Tetapi bayi baru lahir langsung dapat mengenali mana suara ibunya yang selalu ia dengarkan ketika masih di kandungan. Bahkan indera penciumannya pun berkembang.

6. Paham Lagu Yang Sering Diputar Saat Di Kandungan

Lagu yang sering dimainkan oleh ibunya ketika di dalam kandungan ternyata masih dikenali dengan baik oleh bayi ketika baru lahir. Jika bayi mulai rewel, Anda bisa menenangkannya pakai lagu ini.

7. Apapun Dimasukkan Ke Dalam Mulut

Penelitian di Prancislah yang memperlihatkan jika salah satu bagian untuk bertahan hidup bagi bayi adalah memasukkan apapun ke dalam mulutnya karena dipahami sebagai cara untuk bisa makan. Awalnya jari-jarinya, lalu jika sudah bisa menggenggam, bayi akan memasukkan benda lainnya pada mulut.

8. Ereksi Dan Memiliki Payudara Dialami Oleh Bayi Laki-Laki

Siapa sangka jika bayi laki-laki punya payudara yang bengkak ketika baru lahir karena sebelumnya mendapatkan asupan gen perempuan dari plasenta ketika di kandungan yang juga terjadi pada bayi perempuan.

Terlebih lagi, bayi laki-laki biasanya mengalami ereksi sebelum pipis. Serta, bayi laki-laki agak sulit merasakan testisnya karena otot pada testis masih tertarik masuk pada pangkal paha ketika disentuh atau kedinginan dengan cepat.

9. Kehilangan Rambut

Lanugo atau biasa diartikan sebagai sebuah rambut halus pada kulit tubuh bayi memang biasanya akan hilang dengan rontok pelan-pelan sampai hilang semua.

10. Feses Pertama Berwarna Hitam Kehijauan

Zat lengket berwarna gelap bernama mekoniumlah yang terkandung pada feses pertama bayi pada hari kedua hidupnya. Yang nantinya akan berubah menjadi kuning dan padat.

error: Content is protected !!