penderita kanker
Hidup Sehat

Cara Hidup Sehat Untuk Penderita Kanker

Setiap orang yang pernah menderita kanker dan sudah melakukan pengobatan, tentunya ingin kembali menjalani pola hidup normal. Tapi tidak dapat dipungkiri akan muncul rasa cemas dan khawatir saat ingin memulai kembali kehidupan baru.

Gaya hidup serta pola makan orang yang telah terbebas dari kanker harus diperhatikan dan dijaga agar tidak kambuh lagi dan perbaikan gangguan fungsi organ tubuh yang muncul saat melakukan proses pengobatan.

Sekitar tahun 1997, World Research Cancer Fund merekomendasikan kepada para mantan penderita kanker mengenai aktivitas fisik dan nutrisi sehingga mereka tetap menjaga pola hidup sehat. Lalu makan apa yang dapat mereka nikmati untuk mencegah timbulnya kembali penyakit?

Pola Makan dan Hidup yang Sehat

Para mantan cancer survivor telah membuktikan bahwa pola makan dan hidup yang sehat dapat mencegah kambuhnya penyakit tersebut. Beberapa penelitian bahwa seseorang yang lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi akan lebih sehat dibandingkan mereka yang lebih banyak mengonsumsi daging berwarna merah.

Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh para mantan cancer survivor yang menyatakan bahwa penurunan risiko kambuh sebanyak 15% dapat diperoleh dengan mengonsumsi lebih banyak sayur, buah, daging ayam, gandum dan ikan jika dibandingkan dengan mengonsumsi fast food, daging berwarna merah, makanan dengan lemak dan kadar gula tinggi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh penelitian lain bahwa dengan mengonsumsi ikan, dan makanan dengan kandungan lemak tak jenuh akan dapat menurunkan risiko kambuhnya penyakit bagi mantan survivor kanker prostat. Kemudian bagi mantan survivor kanker ovarium risiko kambuhnya penyakit tersebut dapat dihindari dengan mengonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak setiap hari.

Keterkaitan antara mengonsumsi daging merah dengan penyakit kanker memang belum menemukan kejelasan, dari beberapa penelitian mengatakan dapat terjadi risiko peradangan. Peradangan inilah yang dapat menimbulkan risiko kanker. Buah dan sayur mengandung banyak zat antioksidan yang bisa menghindarkan sel tubuh kita dari efek radikal bebas yang dapat memunculkan penyakit

Pola Makan untuk Penderita Kanker

World Research Cancer Fund dan American Cancer Society memberikan anjuran kepada mantan cancer survivor, sebagai berikut:

  • Mengonsumsi buah dan sayuran minimal 400 gr dalam sehari.
  • Makan makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, seperti omega 3 yang terkandung di dalam ikan, daripada lemak jenuh yang terkandung pada lemak daging, makanan dalam kemasan, dan kulit ikan.
  • Konsumsi protein rendah lemak seperti ikan, kacang-kacangan, dan ayam tanpa kulit.
  • Mengganti karbohidrat dengan gandum, sereal gandum yang memiliki tinggi serat.
  • Mengurangi konsumsi daging merah 500 gr dalam satu minggu dan daging olahan
  • Mengurangi konsumsi garam.
  • Hindari makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi.

Komposisi Makan untuk Penderita Kanker

  • Konsumsi lemak 20% sampai 30% dari total energi
  • Konsumsi karbohidrat 25% sampai 65% dari total energi
  • Konsumsi protein 10% sampai 35% dari total energi

Dengan menjaga pola makan sehat dan menjaga kondisi tubuh maka dapat mencegah akibat buruk dari radiasi dan kemoterapi.

Tetap Menjaga Berat Badan

Setelah masa pengobatan kanker, biasanya pasien mengalami penurunan atau kenaikan berat badan. Oleh karena itu, para mantan pasien dianjurkan untuk mengembalikan berat badan menjadi normal agar terhindar dari obesitas yang berhubungan dengan berbagai kanker seperti prostat, payudara, usus, tenggorokan, dan prostat.

Proses mengurangi berat badan sampai dengan normal harus dilakukan secara bertahap. Sedangkan bagi yang memiliki berat badan kurang juga harus mengembalikannya menjadi normal.

error: Content is protected !!