5 Cara Senam Yoga Bagi Pemula yang Mudah Dilakukan
Hidup Sehat,  Wanita

5 Cara Senam Yoga Bagi Pemula yang Mudah Dilakukan

Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, maka bisa mempelajari cara senam yoga bagi pemula yang baru pertama kali mulai olahraga yang satu ini. Yoga diketahui sangat baik bagi kesehatan karena gerakan yang ada dapat melatih seluruh bagian tubuh dengan baik. Selain itu Anda juga akan merasa lebih releks setelah melakukan senam ini. Bahkan yoga juga dapat membantu bagi Anda yang berniat untuk mengurangi berat badan.

Jika Anda masih pemula tentunya penasaran dan ragu untuk langsung mengikuti kelas yoga karena takut tidak dapat mengikuti gerakannya. Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa gerakan senam yoga untuk pemula yang cukup mudah untuk dilakukan. Gerakan ini juga lebih sesuai bagi pemula meskipun Anda tidak pernah olahraga sebelumnya.

5 Gaya Senam Yoga untuk Pemula

  1. Seated pose

Setiap kali sebelum Anda memulai senam yoga maka gerakan pertama yang harus dilakukan adalah seated pose. Gerakan ini mirip dengan gerakan duduk bersila yang sering dilakukan oleh orang pada zaman dahulu. Namun karena ini adalah gerakan senam, maka Anda harus memastikan tubuh dalam keadaan tegak dan tidak terlalu santai. Caranya adalah dengan membuat punggung lurus, dada membusung dan menarik kepala agak keatas namun jangan terlalu tegang saat melakukannya karena tubuh harus tetap rileks. Gerakan ini dapat membantu agar otot seluruh tubuh menjadi kuat serta merilekskan otot yang kaku.

  1. Standing pose

Gerakan selanjutnya yang bisa dilakukan setelah tubuh Anda lebih rileks adalah standing pose. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot-otot tubuh terutama di bagian pinggul, dada, perut serta bahu sehingga tubuh jadi lebih terbentuk. Caranya adalah dengan berdiri dengan kaki sedikit terbuka. Kemudian angkat ke belakang kaki kanan dengan sudut empatpuluhlima derajat. Gunakan tangan kanan Anda untuk memegang kaki kanan di belakang agar tidak turun. Sementara itu kaki kiri digunakan sebagai tumpuan jadi luruskan tangan kiri ke arah depan.

  1. Child pose

Gerakan ini berguna untuk meregangkan berbagai otot di paha depan, pinggul, serta punggung. Selain itu gerakan ini juga baik sebagai latihan pernapasan terutama bagi pemula. Caranya adalah dengan duduk bersimpuh kemudian tarik tubuh ke depan sampai kepala bersentuhan dengan lantai. Julurkan lengan ke depan dan tutup mata agar lebih rileks. Tarik napas dalam dan tahan beberapa saat sebelum dihembuskan.

  1. Hip raise

Gerakan ini sangat baik untuk melatih otot pada bagian paha, punggung dan pinggul. Saat melakukan gerakan ini maka posisi punggung menjadi lebih lurus sehingga berlawanan dengan posisi punggung biasanya. Dengan melakukan gerakan tersebut maka punggung tidak akan bungkuk dan sakit dapat diobati. Caranya adalah dengan berbaring dengan lutut ditekuk kemudian angkat pinggul keatas dan tahan selama beberapa saat.

  1. Upward downward

Gerakan ini digunakan untuk melatih otot di bagian lengan, bahu, tangan serta tulang belakang sehingga jadi lebih kuat. Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan berbaring tertelungkup. Angkat tubuh Anda perlahan-lahan dengan menggunakan tenaga dari tangan dan kaki sampai tubuh membentuk busur. Tahan posisi ini selama satu menit dan atur pernapasan sebelum kembali ke posisi awal.

Demikianlah beberapa cara senam yoga untuk pemula yang bisa Anda terapkan terutama bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencobanya. Karena gerakan ini cukup mudah dan dapat dilakukan tanpa alat bantu, jadi cobalah untuk melakukannya sendiri di rumah sebagai latihan awal sebelum ikut kelas yoga.

error: Content is protected !!